RSS

TEKNIK MOTIVASI PRIBADI



Salah satu hal yang membuat saya dapat melewati semua masalah dalam pekerjaan dan hidup saya adalah memotivasi diri sendiri. Saat saya down setelah kehilangan pacar, atau saat menghadapi suatu masalah di dalam pekerjaan saya yang membuat saya tidak bisa gemuk, saya sering memberikan motivasi kepada diri saya sendiri.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memotivasi diri sendiri. Teknik motivasi ini sebenarnya mungkin secara sadar atau tidak sering kita lakukan, hanya saja kita tidak mengerti bahwa itu adalah suatu teknik motiviasi. Pernah saya baca dari salah satu sumber yang saya lupa syairnya tapi ingat kuncinya adalah dengan memberikan jutaan bisikan positif ke dalam hati kita sendiri. Bangun pagi kuterus mandi, sebelum mandi waktu mata pertama kali melek adalah bersyukur untuk malam yang indah dan pagi yang indah, atau pagi-pagi waktu bangun cuaca sudah mendung. Rasa syukur adalah satu bisikan positif yang dapat memberikan aura positif kepada diri kita sendiri.


Pernah dengar cerita tentang bungga anggrek yang diberikan kata-kata bagus dan jelek setiap harinya? Penelitian ini membuktikan bahwa tanaman-pun dapat berkembang menjadi baik dan jelek hanya karena bisikan positif dan negatif. Pemberian bisikan positif secara seporadis akan menjadikan hati dan pikiran kita seolah-olah dirasuki oleh kebaikan. Hal ini akan memberikan impact peningkatan motivasi kita dalam kehidupan.


Jika anda merasa susah untuk menggunakan teknik motivasi pribadi diatas karena tidak telaten untuk berkata-kata positif, anda bisa menggunakan indera yang lain seperti mata kita. Tuhan telah mengaruniai kita panca indera yang dapat kita gunakan (mohon maaf untuk yang kekurangan salah satu-nya). Jika telinga kita tidak dapat menyalurkan kata-kata positif ke hati kita, gunakan mata kita. Manfaatkan kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan. Misalkan setiap hari anda membuka kulkas untuk mengambil air segar atau buah, cantumkan saja note di pintu kulkas itu "Yeahhh.. Nikmatnya hari ini!". Atau dalam pekerjaan, setiap hari anda membuka PC atau notebook anda, gunakan password yang memotivasi, ganti secara berkala dengan kata lain yang sifatnya juga positif, misal "Aku pasti bisa"

Lakukan hal ini secara berkala. Ingat, tidak ada yang instant di dunia ini, even mie instant sekalipun, tetap saja kita perlu untuk menyiapkan air panas dulu, menyiapkan bumbunya, dsb dsb dsb. Semuanya membutuhkan proses.
Sumber : google.com

0 komentar:

Posting Komentar

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Entri Populer